Alexis Sanchez dan Chris Smalling menemukan performa terbaiknya di Serie A bersama masing-masing klubnya, Inter Milan dan AS Roma. Sayangnya, mereka tidak bisa tinggal lama-lama di Italia.

Sebagaimana yang diketahui, keduanya masih berstatus pinjaman dari Manchester United. Dan sebenarnya masa peminjamannya berakhir per tanggal 30 Juni kemarin.

Namun pandemi virus Corona mengubah sistem sepak bola yang sudah tertata rapi sebelumnya. Kompetisi tertunda selama berbulan-bulan dan baru bisa dilangsungkan pada bulan Juni kemarin.

Otomatis, klub harus bernegosiasi lagi dengan peminjam untuk menambah masa pinjaman pemainnya. Termasuk Inter Milan dan AS Roma guna mempertahankan Sanchez dan Smalling.

Upaya kedua klub itu berhasil. Baru-baru ini, Manchester United mengeluarkan pernyataan bahwa Sanchez serta Smalling boleh bertahan di klubnya masing-masing hingga Serie A 2019/20 tuntas.

"Dua pemain Manchester United, Chris Smalling dan Alexis Sanchez, akan menyelesaikan sisa musim domestik 2019/20 di Italia, setelah keputusan terjadi untuk memperpanjang kontrak peminjamannya dengan Roma dan Inter Milan," tulis pernyataan MU di situs resminya.

"Smalling akan bertahan di Stadio Olimpico di sisa musim Serie A, yang dijadwalkan berakhir pada awal bulan Agustus sebagai efek dari pandemi COVID-19."

"Kesepakatan Alexis di Inter Milan juga telah diperpanjang sampai akhir pekan pertama di bulan depan," begitulah bunyi pernyataan Manchester United.

Artinya, Inter Milan dan AS Roma bisa mengandalkan kedua pemain tersebut dalam 10 laga sisa Serie A musim ini. Tapi, mereka terancam tak bisa menggunakan lagi jasa keduanya di kompetisi Eropa.

Sebagaimana yang diketahui, Inter Milan dan AS Roma masih berpentas di Liga Europa. Kedua tim raksasa Italia tersebut telah mencapai babak 16 besar.

Perlu diketahui bahwa Manchester United juga terlibat di kompetisi tersebut. Sehingga, kemungkinan besar ini adalah siasat the Red Devils untuk melemahkan calon pesaingnya di Liga Europa.

Bisa jadi Manchester United juga ingin memasukkan Sanchez dan Smalling ke dalam skuatnya. Sebab, regulasi terbaru Liga Europa menyatakan bahwa setiap tim bisa memasukkan tiga wajah baru untuk melakoni sisa pertandingan di musim ini.